Hubungan Antara Etika Bisnis dengan Korupsi dan Contoh Kasusnya

  1. Pengertian Korupsi

Istilah korupsi berasal dari bahasa latin yaitu corruption/corruptus yang berarti jahat, rusak, curang. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991 korupsi adalah busuk, palsu, suap. Sedangkan menurut Kamus Hukum, 2002 korup adalah suka menerima uang sogok, menyelewengkan uang/barang milik perusahaan atau Negara, menerima jabatan untuk kepentingan pribadi.

Beberapa pengertian menurut para ahli, yaitu :

a. David M. Chalmers :

Tindakan-tindakan manipulasi dan keputusan mengenai keuangan yang membahayakan ekonomi (financial manipulations and decision injurious to the economy are often libeled corrupt).

b. J.J. Senturia :

Penyalahgunaan kekuasaan pemerintahan untuk keuntungan pribadi (the misuse of public power for private profit).

c. Transparency International:

Penyalahgunaan kekuasaan (a misuse of power), kekuasaan yang dipercayakan (a power that is entrusted), dan keuntungan pribadi (a private benefit) baik sebagai pribadi, anggota keluarga, maupun kerabat dekat lainnya.

Dari pengertian korupsi diatas dapat disimpulkan bahwa korupsi adalah tindakan curang atau tindakan memanipulasi uang demi mendapatkan keuntungan pribadi yang dapat merugikan orang banyak.

 

 2. Pengertian Etika Bisnis

Pengertian etika bisnis menurut para ahli, adalah :a. Menurut Sim (2003)

Etika adalah istilah filosofis yang berasal dari “etos,” kata Yunani yang berarti karakter atau kustom. Definisi erat dengan kepemimpinan yang efektif dalam organisasi, dalam hal ini berkonotasi kode organisasi menyampaikan integritas moral dan nilai-nilai yang konsisten dalam pelayanan kepada masyarakat.

a. Menurut Sim (2003)

Etika adalah istilah filosofis yang berasal dari “etos,” kata Yunani yang berarti karakter atau kustom. Definisi erat dengan kepemimpinan yang efektif dalam organisasi, dalam hal ini berkonotasi kode organisasi menyampaikan integritas moral dan nilai-nilai yang konsisten dalam pelayanan kepada masyarakat.

b. Velasques (2002)

Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.

c. Steade et al (1984: 701)

Etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

Jadi, etika bisnis adalah cara-cara melakukan kegiatan bisnis yang mengandung moral yang benar dan salah, serta standar etika dalam membuat keputusan bisnsi.

 

 3. Hubungan Antara Korupsi dengan Etika Bisnis

Dari pengertian korupsi dan etika bisnis diatas, memiliki hubungan. Apabila dalam seorang pebisnis, pelanggan, kreditur, pemegang usaha, ataupun masyarakat melakukan korupsi, dengan tidak berkata jujur, maka ia dikatakan tidak etis, sebab bisa merugikan orang-pragn dalam dunia bisnsi. Karena etika bisnis menyangkut moral, kontak sosial, hak-hak dan kewajiban.

 

 4. Contoh Kasus Korupsi

Salah satu kasus korupsi yang ada di Indonesia saat ini adalah “Kasus Suap Daging Impor” yang dilakukan oleh Ahmad Fathanah.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menyatakan Ahmad Fathanah terbukti menerima suap dari Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman sebesar  Rp 1,3 miliar untuk mengupayakan penambahan kuota impor daging sapi bagi indoguna di kementerian Pertanian.

Anggota majelis hakim Joko Subagyo mengatakan, Fathanah melakukan korupsi bersama dengan Luthi Hasan Ishaaq. Menurut joko, mereka mau membantu mengurus penambahan kuota impor daging Indoguna karena Elizabeth berjanji akan memberikan uang sebesar Rp. 40 miliar untuk penambahan 8 ribu ton daging sapi.

Luthi yang saat itu masih menjabat sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersedia mempertemukan Elizabeth dengan Menteri Pertanian Suswono yang juga berasal dari PKS. “Karena ada janji uang itulah saksi Luthi Hasan Ishaaq menyanggupi permintaan Maria Elizabeth Liman.” Ujarnya.

Fathanah dituntut 17,5 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum Komisi Pemberantas Korupsi. Jaksa menilai dia terbukti bersalah dalam dua perkara, yaitu korupsi lantaran menerima suap Rp. 1,3 miiar dan pencucian uang.

 

 

Refrensi :

http://www.tempo.co/read/news/2013/11/04/063527089/Fathanah-Terbukti-Menerima-Suap

http://exoticpurple.wordpress.com/2011/12/03/pengertian-korupsi-etika-bisnis-dan-hubungan-etika-bisnis-dan-korupsi/

http://www.beritaterhangat.net/2012/11/defenisi-pengertian-etika-bisnis.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s