Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Perusahaan)

1. Teori

      Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu bentuk pengakuan atau tindakan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat (komunitas dan lingkungannya) sekitar dimana perusahaan itu berada. Sedangkan menurut para ahli Corporate Social Responsibilit (CSR) adalah :

  • Kotler and Nancy (2005) : CSR adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan menkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.
  • Sukada, et. al : Upaya sungguh-sungguh dari perusahaan untuk meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif operasinya dalam ranah ekonomi, sosial dan lingkungan, terhadap seluruh pemangku kepentingannya, untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

   Ada 6 bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yaitu :

  1. Tanggung jawab kepada pelanggan/konsumen
  2. Tanggung jawab kepada karyawan
  3. Tanggung jawab kepada pemegang saham
  4. Tanggung jawab terhadap kreditor
  5. Tanggung jawab pada lingkungan
  6. Tanggung jawab kepada komunitas

 

2. Kasus / Artikel

Permasalahan yang akan dibahas disini adalah:

  1. apa itu corporation social responsibility (CSR),
  2. apa manfaat CSR bagi masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingannya.

pada kasus ini saya akan mengambil contoh perusahaan yang melakukan CSR, adalah perusahaan peleburan alumunium di Indonesia yaitu, PT. INALUM.

 

3. Analisis

      Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu bentuk pengakuan atau tindakan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat (komunitas dan lingkungannya) sekitar dimana perusahaan itu berada.

       Wibisono (2007) mengungkapkan manfaat yang di dapat bagi perusahaan, masyarakat, pemerintah, dan pemangku kepentingan adalah :

  • Bagi perusahaan

            1. Keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan berkelanjutan dan perusahaan mendapatkan citra yang positif dari masyarakat luas.

            2. Perusahaan lebih mudah mendapatkan akses untuk mendapatkan modal.

            3. dapat mempertahankan sumber daya yang berkualitas.

           4. dapat meningkatkan pengambilan keputusan pada hal-hal yang kritis dan mempermudah pengolahan manajemen resiko.

  • Bagi Masyarakat

      praktik CSR yang baik akan meningkakan nilai tambah adanya perusahaan di suatu daerah sebab akan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kualitas sosial di daerat tersebut.

  • Bagi Lingkungan

          1. Praktik CSR akan mencegah eksploitasi yagn berlebihan pada sumber daya alam

          2. menjaga kualitas lingkungan dengan menekan tingkat polusi dan perusahaan pun menjadi terlibat dalam mempengaruhi lingkungan.

  • Bagi Negara

     Praktik CSR yang baik akan mencegah terjadinya “corporate misconduct” atau malpraktik bisnis penyuapan yang dilakukan pejabat pemerintah ataupun aparat hukum yang memicu tingginya korupsi. Sehingga negara dapat menikmati pendapatan yang wajar (tidak digelapkan) oleh perusahaan.

    Salah satu perusahaan yang menggunakan CSR adalah PT. INALUM. Dalam hai ini bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yaitu dalam bentuk pendidikan, pemberdayaa masyarakat, fasilitas umum, bidang agama, dan bantuan sosial lainnya.

    Dalam bidang pendidikan perusahaan melakukan perbaikan gedung-gedung sekolah, bantuan alat pendukung belajar, mobiler, dan juga membangun 1 SMA yang bernama SMA MITRA. Selain itu PT. INALUM juga memberikan bantuan komputer dan multimedia projector kepada universitas-universitas di sumatera utara, memberikan bantuan kepada mahasiswa dan guru yang berprestasi, dan perusahaan menerima siswa dan mahasiswa dalam melakukan kerja praktek dan Riset di perusahaa.

    Dalam hal pemberdayaan masyarakat, sejak awal berdirinya PT. INALUM telah memberikan keterampilan kepada masyarakat sekitar seperti sablon, menjahit, bordir, rias pengantin, bengkel, las, dan lain sebagainya, perusahaan juga memberikan modal bergulir. hal ini dilakukan karena perusahaan sadar, bahwa perusahaan tidak dapat menampung seluruh masyarakat yang ada disekitar untuk bekerja, selain itu agar masyarakat tidak bergantung dengan PT. INALUM dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

    Dalam hal fasilitas umum PT. INALUM membangun acces road (jalan penghubung di kedua pabrik dari PLTA dan PT. INALUM, dan perusahaan membangun jalan altrernatif dan jembatan yang menghubungkan beberapa wilayah yang terisolir. Denhttp://www.inalum.co.id/ind/index.php/perhatian-khusus.htmlgan adanya pembangunan jalan pertumbuhan ekonomi msyarakat yang berada di sekitar PT. INALUM berkembang pesat.

   Dalam bidang agama perusahaan membantu dalam perbaikan masjid dan gereja. Kegiatan lain yang dilakukan perusahaan seperti safari ramadhan, memberikan bantuan idul fitri, idul adha, natal dan paskah, dan kegiatan lainnya.

  Dalam bantuan sosial lainnya perusahaan melakukan kegiatan dalam bentuk bidang kepemudaan dan organisasi, bantuan bencana alam, dsb. Pada saat terjadinya krisis listrik di Sumatera Utara perusahaan juga ikut membantu dalam hal pemasokan listrik ke sistem Pembangkit Tenaga Listrik Sumatera Utara dengan bor listrik.

 

 

 

 

Refrensi :

http://www.businesslawyer.lhs-lawfirm.com/2?id=Definisi-CSR-Corporate-Social-Responsibility

http://jaka91.blogspot.com/2012/11/pengertian-corporate-social.html

http://www.rahmatullah.net/2012/01/konsep-dasar-csr.html

http://csrofficer.blogspot.com/2013/02/definisi-csr.html

http://www.inalum.co.id/ind/index.php/perhatian-khusus.html

http://www.rahmatullah.net/2012/01/konsep-dasar-csr.html

 

 

 

 

 

 

   

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s