Mengapa Produsen Perlu Melakukan Segmentasi Pasar ?

  1.   Definisi Segmentasi Pasar

Di dalam pasar terdapat berbagai macam pembeli yang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam banyak hal. Pasar dapat dibedakan ataupun disegmentasikan ke dalam macam-macam cara. Adapun istilah Segmentasi Pasar menurut beberapa ahli adalah :

  •   Swastha & Handoko (1997)

mengartikan segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi–bagi pasar/market yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.

  • Pride & Ferrel (1995) 

sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.

  • Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254)

pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama.

 Jadi secara umum Segmentasi pasar adalah membagi sebuah kelompok-kelompok pembeli yang relative memiliki kebutuhan-kebutuhan produk yang sama.

 

2. Peran Segmentasi Pasar Dalam Marketing Perusahan

  • Memungkinkan kita untuk fokus masuk ke dalam pasar sesuai dengan keunggulan kompetitif perusahaan.
  • Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
  • Basis bagi kita untuk memperisapkan strategi selanjutnya.
  • Factor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda.

 

3. Manfaat Segmentasi Pasar

  • Perusahaan bisa mendeteksi secara dini kemungkinan yang akan terjadi di pasar.
  • Dapat menciptakan dan mendesign produk yang sesuai dengan keinginan pasar.
  • Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif
  • Dapat mengarahkan dengan tepat dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan mendatangkan keuntungan yang besar.
  • Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan periode-periode pasar cukup besar.

 

4. Kelemahan Segmentasi Pasar

  • Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi yang pendek.
  • Biaya riset atau penelitian akan bertambah seiring dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
  • Tingginya biaya promosi, dimana sejumlah media tidak menyediakan diskon.
  • Kemungkinan menghadapi pesaing di segmen serupa. Dimana nantinya akan terjadi persaingan yang tidak sehat.

 

 

 5. Mengapa Produsen Melakukan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah suatu tujuan  yang mengacu kepada konsumen. tujuan ini dapat meningkatkan ketetaan sasaran dari suatu perusahaan. Dengan menyatukan berbagai program pemasaran yang ditunjukkan kepada segmen-segmen pasar yag dituju, manajemen dapat melakukan pemasaran dengan lebih baik dan efisien. Dengan adanya segmentasi pasar ini membantu manajemen dalam menyalurkan uang dan usaha ke pasar yang potensial, bisa menciptakan produk sesuai keinginan pasar, menentukan cara-cara promosi yang paling efektif, dan mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

Dalam melakukan segmentasi pasar ini kita perlu suatu alasan yang cukup baik. Contoh, harus ada pasar yang bersifat dinamis dan adanya pasar yang menjul produk-produk tertentu. Tetapi tidak semua segmentasi pasar dapat dilakukan dengan efektif. Karena itu perlu suatu cara agar segmentasi pasar dapat berjalan sesuai harapan, yaitu : dapat diukur dalam jumlah besar, dapat diakses dengan mudah, bisa dibedakan dan diambil tindakan.

 

6. Kesimpulan

Jadi bisa dikatakan bahwa segmentasi pasar ini sangat menguntungkan bagi produsen, karena produsen dapat mengetahui produk yang diinginkan oleh konsumen dan juga waktunya yg efektif.

 

 

Refrensi :

– http://www.slideshare.net/Fitri_Yanah/power-point-segmentasi-pasar

– http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html

– ahim.staff.gunadarma.ac.id/…/BAB+IV.+SEGMENTASI+PASAR.doc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s