Peranan Koperasi

1.Di Pasar Persaingan Sempurna
Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak

– Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)

– Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar

– Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

2.Di Pasar Monopolistik

Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam

Produk yang dihasilkan tidak homogen
Ada produk substitusinya
Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.

3.Di Pasar Monopsoni
Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli.

4.Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,membedakan mutu dan bentuk produk.

• Penawaran Harga yang bersifat Predator

• Price Leadership

Sumber:

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/peranan-koperasi
ekaodon.wordpress.com/…/peranan-koperasi-di-berbagai-keadaan-…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s