Sukses Hadapi Kegagalan

Siapa sih yang nggak sedih saat mengalami kegagalan? Everybody does! Bedanya, nggak semua orang sukses berdamai dengan kegagalan dan akhirnya justru terpuruk di dalamnya. Karena itu, yuk kita terima kegagalan ini dengan sikap positif dan bangkit lagi. Berikut ini triknya.

• Kasih waktu buat diri kita merasakan kegagalan itu. Perasaan marah, kecewa, dan kesal karena gagal itu sesuatu yang wajar dan butuh proses buat menerimanya. Tapi, cukup 3 hari saja, ya.
• Selama masa tenang itu, pastikan kita tetap menjaga kondisi tubuh kita. Nggak mogok makan, nggak membiarkan mata kita terus-terusan sembab karena menangisi nasib dan sebagainya. Coba deh, alihkan pikiran kita ke hal-hal yang menyenangkan.
• Bebaskan diri kita dari perasaan bersalah karena sempat melakukan kegagalan. Buang jauh juga perasaan bahwa kita nggak mampu.
• Setelah lepas, baru deh, cari tahu dimana penyebab kegagalannya. Apakah dari dalam diri kita, atau faktor dari luar. Supaya bisa menyusun rencana berikutnya yang lebih matang.
• Jangan lupa untuk menggali potensi kita yang lain. Misalnya nih, kita pengin cerpen kita bisa dimuat di majalah. Coba kembangkan lagi kemampuan menulis yang kita punya. Misalnya, dengan mulai latihan menulis bikin review kecil tentang album artis favorit, lalu tunjukkan pada teman-teman dan minta pendapat mereka. Seiring kemampuan yang bertambah, tulisan kita tentunya bakal lebih baik dan peluang suksesnya lebih besar.
• Biar makin semangat, baca juga deh kisah orang-orang sukses yang pernah gagal, seperti para penemu, seleb legendaris, dan tokoh terkenal. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman mereka.
• Mulai sekarang, coba lebih jeli melihat peluang dan kesempatan. Soalnya, peluang untuk sukses itu datang dari mana saja. Semakin banyak memakai kesempatan, semakin terbuka juga pintu kesuksesan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s