5 Bandara Paling Berbahaya

Seberapa pun amannya pesawat, kadang-kadang kita masih suka panik, khususnya saat pesawat lepas landas dan mendarat. Padahal, kita mestinya nggak usah khawatir. Soalnya landasan di bandara sudah dirancang sedemikian rupa supaya pesawat-pesawat bisa mendarat dan parkir dengan aman. Tapi, kalau di lima bandara ini, sepertinya wajar saja deh kalau kita deg-degan. Pasalnya, landasannya agak berbahaya sih! Hiiyyy!

1. Gibraltar Airport
Bandara yang berlokasi di wilayah kecil antara Maroko dan Spanyol ini, memang bisa bikin cenat cenut penumpang pesawat. Gimana nggak? Landasan pesawatnya memotong sebuah jalan raya paling sibuk di kawasan itu, tepatnya jalan Winston Churchill Avenue. Jadi, mobil dan motor yang lewat jalan ini sering kali mesti menunggu sampai pesawat lewat sebelum bisa melanjutkan perjalanan.
Landasan ini sengaja dibuat begini karena jalan raya ini adalah satu-satunya bidang datar di kota itu. Maklum, kawasan Gibraltar dikelilingi gunung dan kota lain, sih. Hmm..tapi ada lampu merah nggak ya, buat si pesawat yang lewat?

2. Congonhas Airport
Kalau biasanya pergi ke bandara kita harus pergi lumayan jauh dari pusat kota, nggak demikian kalau kita pergi ke bandara Congonhas. Soalnya bandara ini cuma terletak 9 kilometer dari kota metropolitan Sao Paolo, Brazil yang penuh dengan gedung tinggi dan bangunan lainnya. Memang sih, kita nggak bakal ketinggalan pesawat karena jaraknya yang dekat banget dari kota. Tapi, kalau salah satu pesawat keluar landasan dan menabrak hotel tempat kita menginap, seram juga, ya?

3. Ice Runway
Sesuai namanya, Ice Runway yang terletak di Antartika ini memang penuh dengan es. Saking penuh es dan sepi penerbangannya, sampai nggak ada garis atau landasan khusus buat pesawat mendarat atau lepas landas. Satu-satunya yang mengkhawatirkan adalah es di area yang digunakan sebagai landasan ini bisa pecah kapan saja. Makanya, pesawat yang bakal mendarat di sini harus benar-benar mengukur beratnya. Kalau terlalu berat, bisa-bisa es di landasan ini pecah dan menenggelamkan pesawatnya nih.

4. Princess Juliana International Airport
Bandara ini terletak di Saint Marteen, seberang wilayah Laut Perancis dan merupakan wilayah jajahan Belanda. Karena pulau ini termasuk kecil, makanya semua pesawat yang mau mendarat di sini harus terbang rendah melewati pantai yang penuh dengan turis. Makanya, jangan heran kalau kita lagi bersantai di pantai ini, tiba-tiba tercium bau asap dari mesin pesawat dan suara jet yang berisik.

5. Courchevel International Airport
Terletak di kawasan ski Courchevel, Perancis, bandara ini memang dikelilingi salju. Landasannya yang terbuat dari aspal sepanjang kurang lebih 2.700 kilometer, awalnya bikin bandara ini tampak normal-normal saja. Tapi, ada satu hal yang bisa cukup bikin panik. Soalnya, nggak seperti bandara pada umumnya, landasan pesawatnya memiliki satu bidang curam dengan kemiringan hampir 20 derajat. Jadi, pesawat yang mau mendarat, harus hati-hati karena landasannya menurun dan bisa tergelincir. Sedangkan pesawat yang mau lepas landas juga harus cukup kuat menanjak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s