MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan sepertinya tidak pernah berhenti menghampiri bangsa indonesia. Berbagai peristiwa menghampiri dan membuat banyak orang harus menderita, menangis karena ditinggalkan oleh orang – orang yang disayangi. Kata “prnderitaan” itu sendiri berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansakerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.  Penderitaan itu dapat lahir atau batin atau lahir batin.

Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu merupakan “risiko” hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang – kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dirinya. Penderitaan juga sedang melanda “bumi pertiwi” kita saat ini saudara – saudara kita yang berada di DI Yogyakarta dan sekitarnya pun sedang bersedih karena meletusnya gunung merapi.

Meletusnya gunung merapi di jogja telah membuat warga sekitar kehilangan rumah – rumah mereka. rumah mereka hancur karna terkena awan panas dari gunung merapi ataupun lahar dinginnya. selain itu banyak korban jiwa tela berjatuhan, sekiranya sudah ada 114 orang meninggal akibat terkena awan panas dan puluhan orang terekena luka bakar. mereka yang rumahnya dekat dengan gunung merapi pun telah diungsikan ke tempat pengungsian aman, para pengungsi ini harus berbagi tempat untuk tidur dan makan seadanya. penderitaan mereka belom berakhir sampai disini karena sampai saat ini gunung merapi masih akan mengeluarkan isinya alias masih akan kembali meletus.

Akibat dari meletusnya gunung merapi ini sektor perdagangan di Yogjakarta menjadi lumuh total atau sepi. hal ini dapat dilihat di sekitar daerah malioboro yang biasanya selalu ramai dengan para wisatawan yang berbelanja di daerah ini, tapi kini malioboro sepi tidaka ada aktivitas apapun ditempat ini dan juga ditutupi oleh debu vulkanik dari gunung merapi. selain itu penerbangan ke arah jogja pun dibatalkan. adapun akibat lainnya hewan ternak yang dimiliki oleh warga banyak yang mati akibat terkena awan panas atau wedus gembel.

kita sebagai manusia dapat menyikapi bahwa bumi ini telah tua usianya harus kita jaga dengan baik, dan semua kembali kepada yang diatas yaitu Allah. Allah mungkin sedang memberikan kita peringatan agar kita tidak lupa kepada NYA.

setelah terjadinya peristiwa ini kita harus menjaga bumi ini dengan baik, tidak luput sebagai umat manusia kita harus banyak beribadah kepada Allah swt. kita pun harus membantu saudara – saudara kita yang terkena musibah letusan gunung merapi dengan menyumbangkan sebagian harta kita atau pakaian yang saat ini sangat dibutuhkan oleh saudara kita yang  sedang menderita di jogja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s