ETIKA BISNIS : “PENJELASAN MENGENAI ADAT ISTIADAT DI DALAM KELUARGA”

  1. Teori

Adat diartikan sebagai suatu perbuatan (aturan) yang lazim dituruti atau dilakukan sejak jaman dahulu. Adat adalah wujud gagasan kebudayaan yang terdiri atas nilai-nilai budaya, norma, hukum, dan aturan-aturan yang saling berkaitan menjadi satu kesatuan. Sementara itu istiadat diartikan sebagai adat kebiasaan. Berarti adat istiadat adalah himpunan kaidah-kaidah sosial yang telah lama ada dan sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari satu generasi ke generasi lain sebagai warisan sehingga kuat integrasinya dengan pola masyarakat. Berdasarkan konsep kebudayaan Koen Cakranignrat kedudukan ada berada pada konsepsi kebudayaan. Menurut tafsirannya adat merupakan perwujudan ideal dari sebuah kebudayaan. Adat dibagi kedalam 4 tingkat yaitu, adat yaitu tingkat nilai budaya, tingkat norma-norma, tingkat hukum dan tingkat aturan khusus. Adat yang berada pada tingkat nilai budaya bersifat sangat abstrak, ia merupakan ider-ide yang mengkonsesikan hal-hal yang paling berniali dalam kehidupan suatu masyarakat. Seperti nilai gotong royong dalam masyarakat Indonesia. Adat pada tingkat norma-norma merupakan nilai-nilai budaya yang telah terkait kepada peran-peran tertentu (roles), peran sebagai pemimpin, peran sebagai mamak, peran sebagai guru membawakan sejumlah norma yang menjadi pedoman bagi kelakuannya dalam hal memainkan peranannya dalam berbagai kedudukan tersebut.

Kemudian adat pada tingkat aturan-aturan yang mengatur kegiatan khusus yang tentu saja membatasi ruang lingkupnya pada sopan santun. Dan pada akhirnya adat pada tingkat hukum terdiri dari hukum adat tertulisa dan hukum adat tidak tertulis. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa adat merupakan bagian dari kebudayaan atau berada dalam kebudayaan.

 

2.    Kasus / Artikel

Berdasarkan dasar teori diatas maka masalah yang dirumuskan adalah mengenai bagaimana adat istiadat Jawa dan Padang di dalam keluarga saya.

 

3.      Analisis

Adat istiadat adalah himpunan kaidah – kaidah sosial yang telah lama ada dan sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Kebiasaan yang berada di masyarakat kemudian ditetapkan sebagai adat istiadat.

Keluarga saya adalah keluarga campuran antara padang dan jawa timur, ayah saya merupakan orang padang sedangkan ibu saya adalah orang madiun. Di dalam keluarga kami masih mengikuti beberapa tradisi yang ada di jawa dan padang danmenurut saya itu merupakan perpaduan yang unik.

untuk adat istiadat jawa yang kami ikuti adalah :

  • Upacara Akeh (Aqiqah) : yaitu upacara ungkapan rasa syukur telah dikaruniai anak oleh Allah SWT. Biasanya upacara ini dilakukan setelah bayi berusia 7 hari, atau 14 hari.
  • Upacara Sepitan (Sunatan) : Upacara sepitan ini dilakukan agar alat vital sang anak bersih dari najis. Untuk anak perepmpuan biasanya dilakukan pada saat anak itu masih kecil atau bayi, agar tidak malu. Sedangkan untuk anak lagi-laki umumnya dilakukan pada saat anak itu berumur 6 tahun.

 

Sedangkan untuk adat istiadat padang adalah :

  • Pada pewarisan adat dan harta orang padang menganut pola matriliniel. Karena terdapat kontroversi antara pola matriliniel dengan pola pewarisan agamaIslam yang dianut masyarakat minang, maka dalam pola pewarisan minang dikenal dengan harta pusaka rendah dan harta pusaka tinggi. Harta pusaka rendah adalah harta pencarian yang diwariskan secara hukum islam, sedangkan pusaka tinggi adalah harta turun temurun yang diwariskan berdsarkan garis keturunan ibu. Di keluarga saya masih melakuka hal seperti ini dan ini masih akan turun-temurun.

 

Itulah beberapa adat istiadat yang masih dijalankan oleh keluarga saya sampai saat ini. Kesimpulannya adalah kebiasaan yang telah dilakukan secara terus menerus oleh seseorang atau kelompok yang lama-lama akan menjadi sebuah aturan-aturan . adat istiadat ini dilakukan oleh keluarga besar saya.

 

 Sumber :

- http://minangmedia.wordpress.com/about-me/minangkabau/alam-minangkabau/nama-minangkabau/pengertian-adat/

- http://ajengjenius.blogspot.com/2012/11/sebagian-adat-istiadat-indonesia-bayi.html

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s